LAMONGAN KOTA IKAN
Thursday, June 16th, 2016 | Author:

CIRI DAN BUDAYA LAMONGAN

Kesenian Tradisional

Tari Tradisional Boranan
Lamongan Tari tradisional Boranan adalah tari yang terinspirasi oleh aktivitas penjual nasi Boranan yang ada di Lamongan dan sudah siap dengan dagangannya dari pagi sampai subuh.

Gerakan tari Boranan cukup sederhana namun bermakna, dengan sentuhan tradisional. Setiap gerakan menunjukkan aktivitas penjual Boranan, dari menyiapkan makana sampai menyerahkannya kepada pelanggan. Penari Boranan selalu datang dari Lamongan, dengan memakai kain batik tradisional Lamongan, dengan warna khas biru dan hitam dan terdapat garis-garis merah pada pinggang.

Tari Tradisional Caping Ngancak
Lamongan Tari Caping Ngancak adalah salah satu tarian tradisional Kabupaten Lamongan. Tarian ini menggambarkan tentang petani yang beraktifitas di sawah mereka, dari mulai menanam padi sampai mereka mendapatkan panen. Layaknya petani, para penari juga mengenakan ‘Caping’ atau topi khusus yang biasa dikenakan petani saat pergi ke sawah.

MAKANAN KHAS LAMONGAN

1. Soto Lamongan

makanan khas lamongan

Soto lamongan ini merupakan makanan yang istilahnya bisa dikatakan sudah mendunia.

Makanan ini diedarkan dan diperjualbelikan tidak hanya di daerah lamongan saja, melainkan sudah menyebar luas di mana-mana. Soto lamongan ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di nusantara. Yang membedakan soto lamongan ini dengan soto yang lain adalah soto ini berwarna kuning dan berminyak serta banyak menggunakan rempah-rempah.

2. Nasi boranan lamongan

masakan khas lamongan

Nasi yang satu ini bukanlah hanya nasi biasa. Nasi boranan lamongan ini merupakan makanan khas lamongan yang terdiri dari nasi, lauk pauk, rempeyek, dan bumbu khusus. Rempeyek itu merupakan makanan sejenis kerupuk yang di buat dari tepung beras dan dimasak dengan cara digoreng.

3. Tahu campur lamongan

kuliner khas lamongan

Tahu yang satu ini bukanlah tahu biasa seperti yang lainnya. Tahu lamongan ini disajikan bersamaan dengan sayuran dan kuah. Sayuran yang dimakan bersama tahu ini adalah selada dan toge. Selain itu, menikmati tahu lamongan ini juga harus dicampur dengan lontong, bihun, perkedel, dan juga daging sapi.

4. Wingko babat lamongan

makanan kuliner lamongan

Jika anda belum pernah mendengar istilah wingko babat, maka ini merupakan kali pertama anda mendengarnya. Wingko babat ini merupakan jajanan tradisional yang dibuat dari kelapa dan sejumlah bahan-bahan yang lainnya.

5. Bandeng colo lamongan

Bandeng colo lamongan

Bandeng colo lamongan ini dimasak dengan cara digoreng. Selain itu, bandeng colo lamongan juga disantap bersama dengan sambal colo-colo.

6. Perkedel lamongan

masakan kuliner lamongan

Perkedel yang satu ini berbeda dengan perkedel lainnya. Meskipun bahannya sama-sama terbuat dari kentang, tetapi warna dari perkedel yang satu ini berwarna lebih kuning daripada yang lainnya.

7. Rawon lamongan

makanan khas lamongan

Rawon yang satu ini dimasak dengan menggunakn kluwak seperti rawon yang lainnya. Namun perbedaannya adalah bahwa rawon ini ditambahkan dengan kunir.

8. Pecel lamongan

masakan khas lamongan

Pecel lamongan ini tidak jauh berbeda dengan pecel-pecel yang lainnya. Perbedaannya terletak pada jenis sayuran yang digunakan.
Nah, sekarang anda sudah mengetahui beberapa makanan khas lamongan yang biasa menjadi favorit para pecinta kuliner. Sebenarnya selain makanan-makanan di atas, masih ada makanan lain yang sering menjadi tujuan kuliner para pecinta kuliner.

Jika anda masih penasaran mengenai makanan khas dari daerah lamongan yang lainnya, anda bisa langsung saja mengunjungi kota tersebut, yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Selain itu, anda juga bisa bertanya kepada orang-orang asli lamongan, yang biasanya mereka mengetahui lebih banyak mengenai hal ini. Semoga bermanfaat.

makanan khas lamongan , oleh oleh khas lamongan , masakan khas lamongan , jajanan khas lamongan , kuliner lamongan , kuliner khas lamongan , oleh2 khas lamongan , camilan khas lamongan , oleh oleh khas lamongan jawa timur , khas lamongan

Category: Uncategorized